Persyaratan Teknis

  1. Pemohon harus mengajukan proposal 6 bulan dari tanggal pentas yang diinginkan untuk Teater Besar – Teater Jakarta, dan Gedung Kesenian Jakarta; dan 3 bulan sebelumnya untuk Graha Bhakti Budaya, Teater Kecil – Teater Jakarta, Gedung Wayang Orang Bharata, Gedung Kesenian Miss Tjitjih, Galeri Cipta II dan Galeri Cipta III.
  2. Satu kelompok/produser hanya bisa mengusulkan program paling banyak 2 kali dalam setahun, agar kalangan pemakai fasilitas gedung lebih merata untuk mendapat kesempatan yang sama. Permintaan lebih akan dipertimbangkan jika menawarkan konsep artistik khusus dan akan ditimbang kasus per kasus.
  3. Untuk acara yang sifatnya perayaan semata yang tidak berkaitan dengan seni/sastra, tidak diperkenankan mengajukan program meski memakai medium seni untuk merayakannya.
  4. Program kesenian tidak berkenaan dengan perayaan keagamaan ataupun kepentingan kampanye politik praktis, termasuk pertunjukan teater untuk merayakan pemimpin partai yang sifatnya untuk kalangan sendiri.

Pengisian Formulir Aplikasi

Ketentuan Umum

  1. Pemohon harus mengisi formulir aplikasi di laman yang disediakan di sini, sesuai dengan informasi yang diminta.
  2. DKJ akan mengontak pemohon jika masih ada berkas yang harus dilengkapi.
  3. Proses kuratorial akan berlangsung setelah seluruh persyaratan telah lengkap, dan pemohon akan mendapatkan hasil kuratorial 2-4 minggu hari kerja.
  4. Setelah disetujui, pemohon harus berkoordinasi dengan UP PKJ TIM untuk penjadwalan dan memenuhi kewajiban administrasi seperti pembayaran retribusi, menyerahkan izin keramaian dan hal-hal menyangkut teknis lainnya, misalnya untuk media promosi dan publikasi.
  5. Apabila pemohon keberatan dengan keputusan kuratorial, ia dapat mengajukan audiensi dengan perjanjian sebelumnya.

Panduan Pengisian Formulir Aplikasi 

Informasi yang harus diisi dalam Formulir Aplikasi  untuk pertunjukan (teater, tari, musik):

  1. Profil karya: judul, tema, gagasan, sinopsis ringkas, media dan materi yang digunakan. Pilihan tempat dan waktu pertunjukan. Lampiran pendukung: cuplikan video dan foto karya sebelumnya termasuk foto latihan, foto desain panggung, desain kostum.
  2. Profil kelompok: sejarah ringkas kelompok. Biodata/rekam jejak singkat para pendukung kunci seperti sutradara/koreografer/komponis dari masing-masing jenis pertunjukan. Biodata/rekam jejak singkat peran lain yang dianggap unggulan dalam masing-masing produksi. Susunan pemain, staf artistik dan produksi. Lembaga maupun personil yang bertanggung jawab. Alamat kontak.

Pengisian Formulir untuk Seni Rupa

  1. Profil karya: judul pameran, tema dan gagasan kuratorial.
  2. Sertakan lampiran pendukung: katalog pameran terakhir, foto maupun desain karya yang akan dipamerkan. Pilihan tempat dan waktu pameran.
  3. Profil seniman, kurator maupun kelompok beserta susunan staf artistik dan produksi, lembaga maupun personil yang bertanggung jawab dan alamat kontak.

Pengisian Formulir untuk Sastra

  1. Profil karya: Judul karya, gagasan sastra yang ditawarkan.
  2. Lampiran pendukung: buku sastra terakhir yang pernah diterbitkan.
  3. Pilihan tempat dan waktu acara.
  4. Profil sastrawan: Riwayat singkat dan foto sastrawan.
  5. Susunan staf artistik dan produksi. Lembaga maupun personil yang bertanggung jawab. Alamat kontak.

Pengisian Formulir untuk Film

  1. Profil karya: Judul karya, tema, gagasan, sinopsis ringkas, festival yang pernah diikuti. Lampiran pendukung: film dan foto karya sebelumnya. Potongan film dan foto yang akan digelar. Pilihan tempat dan waktu penayangan.
  2. Profil kelompok: CV ringkas sutradara, festival yang pernah diikuti. Susunan pemain, staf artistik dan produksi. Lembaga maupun personil yang bertanggung jawab. Alamat kontak.

Pengisian Formulir untuk Lokakarya/Diskusi/Seminar

  1. Profil forum: Judul forum, bidang, tema, gagasan dan tujuan lokakarya/diskusi/seminar yang akan dilakukan. Pilihan tempat dan waktu forum yang akan diselenggarakan.
  2. Profil pengisi forum: Profil penyelenggara. CV ringkas pembicara/narasumber/fasilitator lokakarya/diskusi/seminar yang akan dilakukan. Susunan staf artistik dan produksi. Lembaga maupun personil yang bertanggung jawab. Alamat kontak.

Proses Kuratorial

  1. Proses kuratorial akan dilakukan masing-masing komite berdasarkan jenis seni dan sastra yang akan dikuratori.
  2. Hasil kuratorial akan diumumkan paling lambat 4 minggu setelah pengajuan dilakukan.
  3. Apabila diperlukan, masing-masing komite dapat meminta pemohon program untuk melakukan audiensi langsung untuk menjelaskan program seni/sastra yang diajukan secara tatap muka.
  4. Apabila diperlukan dan disetujui oleh pemohon, masing-masing komite dapat memberikan masukan untuk memaksimalkan hasil proses yang sedang dilakukan, terutama untuk seni pertunjukan (teater, tari, musik).
  5. Keuntungan dari hasil kuratorial ini, pemohon memiliki kemungkinan untuk dilibatkan ke dalam program platform seni/sastra yang lebih besar melalui program-program yang dirancang oleh Dewan Kesenian Jakarta atau rekomendasi ke acara/festival kesenian lainnya.